You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Karangnangka
Desa Karangnangka

Kec. Mrebet, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

PEMERINTAH DESA KARANGNANGKA KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA

PENGAJIAN RUTIN MALAM SENIN MASJID ARROKHIM

Abdul Muklis, S.Kom.I 24 Desember 2023 Dibaca 26 Kali
PENGAJIAN RUTIN MALAM SENIN MASJID ARROKHIM

Kajian Kitab Rutin setiap Ahad malam senin, kerjasama Takmir Masjid Ar Rokhim Karangnangka Mrebet dengan Penyuluh Agam Islam diwilayah Kecamatan Mrebet. Kajian rutin ini dilaksanakan setiap malam senin bakda maghrib, adapun Pembicara dari Penyuluh Agama Islam diantaranya, K. Anas Subchan ( Kitab Tafsir Al Ibriz ) K.H Syukur Ariyadi S.Ag ( Kitab Aqidatul Awam ) K. Masdarudin Ahmad ( Kitab Hadist Arba’in Nawawi ) Ust. Prasetyo Alhafz ( Kitab Mabadi Fiqih ) Ust. Samiin Abdul Muvid ( Kitab Wasiyatul Mustofa ). Kajian ini sudah berjalan hampir dua tahun, dengan adanya kajian ini diharapkan Jama'ah bisa menambah khasanah Keilmuan, mendekatkan diri kepada Allah SWT, materi yang disampaikan juga lebih terarah karena ngaji Kitab  tutur Ketua Takmir Masjid. 

Malam ini, ahad, 24 Desember 2023 kitab Arbain Nawawi Oleh K. Masdarudin Ahmad membahas tentang Hati-hati dengan syubhat dan jaga hatimu.

عَنْ أَبِي عَبْدِ اللهِ النُّعْمَان بْنِ بَشِيْرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : إِنَّ الحَلاَلَ بَيِّنٌ وَإِنَّ الَحرَامَ بَيِّنٌ وَبَيْنَهُمَا أُمُوْرٌ مُشْتَبِهَاتٌ لاَ يَعْلَمُهُنَّ كَثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ فَمَنِ اتَّقَى الشُّبُهَاتِ فَقَدِ اسْتَبْرَأَ لِدِيْنِهِ وَعِرْضِهِ وَمَنْ وَقَعَ فِي الشُّبُهَاتِ وَقَعَ فِي الحَرَامِ كَالرَّاعِي يَرْعَى حَوْلَ الحِمَى يُوْشِكُ أَنْ يَرْتَعَ فِيْهِ أَلاَّ وِإِنَّ لِكُلِّ مَلِكٍ حِمًى أَلاَ وَإِنَّ حِمَى اللهِ مَحَارِمُهُ أَلَا وَإِنَّ فِي الجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلُحَتْ صَلُحَ الجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الجَسَدُ كُلُّهُ أَلَا وَهِيَ القَلْبُ – رَوَاهُ البُخَارِي وَمُسْلِمٌ

Dari Abu ‘Abdillah An-Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sesungguhnya yang halal itu jelas, sebagaimana yang haram pun jelas. Di antara keduanya terdapat perkara syubhat–yang masih samar–yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Barangsiapa yang menghindarkan diri dari perkara syubhat, maka ia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Barangsiapa yang terjerumus ke dalam perkara syubhat, maka ia bisa terjatuh pada perkara haram. Sebagaimana ada penggembala yang menggembalakan ternaknya di sekitar tanah larangan yang hampir menjerumuskannya. Ketahuilah, setiap raja memiliki tanah larangan dan tanah larangan Allah di bumi ini adalah perkara-perkara yang diharamkan-Nya. Ingatlah di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka seluruh jasad akan ikut baik. Jika ia rusak, maka seluruh jasad akan ikut rusak. Ingatlah segumpal daging itu adalah hati (jantung).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image