You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Karangnangka
Desa Karangnangka

Kec. Mrebet, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

PEMERINTAH DESA KARANGNANGKA KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA

STUDY TIRU PENGELOLAAN SAMPAH

Abdul Muklis, S.Kom.I 31 Oktober 2023 Dibaca 32 Kali
STUDY TIRU PENGELOLAAN SAMPAH

Sabtu, 28 Oktober 2023 , Pemerintah Desa Karangnangka dengan pegiat Sampah ( Pemuda Oren ) Desa Karangnangka melakukan study tiru di Sumber Gondo Bumi Aji  Batu Jawa Timur, 
Sumber Gondo adalah salah satu desa di Kota Batu yang tidak pernah menyumbang sampah ke TPA Tlekung karena memiliki manajemen sampah yang terkelola dengan baik mulai hulu hingga hilir. Hal tersebut bisa dicontoh oleh semua pihak, terlebih bagi kelurahan dan desa lainnya di Kota Batu sehingga bisa menekan volume sampah yang dikirim ke TPA yang mencapai 120 ton sehari.
Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) di Desa Sumbergondo memiliki kapasitas 6 ton sampah dan mampu melakukan pengelolaan sampah secara maksimal, termasuk pengolahan kompos. "Semua itu membutuhkan kesadaran yang tinggi agar sampah tidak sampai ke TPA Tlekung. Pengelolaan sampah diolah dengan baik sampah bisa menghasilkan perputaran ekonomi untuk tenaga pemilah sampah dan bank sampah. Serta disisi lain, persoalan sampah akan bisa segera teratasi dengan baik," tutur Adit Selaku pihak Bumdes. Kepala Desa Karangnangka berharap dari Kegiatan Study tiru ini bisa menambah semangat , referensi , wawasan keilmuan, ditiru, diterapkan n dikembangkan di Desa setelah kegiatan tersebut.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image