You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Karangnangka
Desa Karangnangka

Kec. Mrebet, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

PEMERINTAH DESA KARANGNANGKA KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA

PELATIHAN JURNALISTIK BAGI REMAJA DESA KARANGNANGKA

Abdul Muklis, S.Kom.I 24 Desember 2023 Dibaca 34 Kali
PELATIHAN JURNALISTIK BAGI REMAJA DESA KARANGNANGKA

Sebanyak Puluhan Remaja Desa Karangnangka mengikuti pelatihan jurnalistik . Pelatihan  bertujuan untuk memeberikan bekal literasi bagi para remaja , kedepan setelah Pelatihan , diharapkan remaja bisa lebih berkembang , berkreasi, mengembangkan potensi yang ada didesa untuk dipublikasikan melalui media tutur Sugiarno, SH selaku Kepala Desa Karangnangka.

Pelatihan Jurnalistik yang digelar oleh Pemerintah Desa Karangnangka digelar di Majlis Taklim Alhikmah Dusun Karannggude Desa Karangnangka, Minggu (24/12/2023).

Pemateri Ryan Rachman yang juga Wartawan Suara Merdeka  memberikan pelatihan jurnalistik dengan tema “ Menjadi Wartawan / Jurnalis Pemula” . Jurnalistik  adalah aktivitas mencari mengolah, menulis, dan menyebarluaskan informasi kepada khalayak melalui media massa. Aktifitas ini dilakukan oleh jurnalis atau wartawan. Informasi atau kejadian yang dapat dijadikan berita harus memiliki nilai berita antara lain aktual, faktual, penting, menarik, publik figur, menimbulkan empati dan unik.

“Informasi itu kita gali datanya bisa melalui pengamatan situasi dan wawancara. Setelah data diperoleh dengan lengkap, kemudian ditulis menjadi berita dengan memenuhi unsur askadimba (apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana),” setelah berita selesai ditulis, lakukan pengecekan kembali terhadap isi berita dengan cara dibaca ulang. Cek apa ada yang salah tulis, ejaan, tanda baca narasumber dan jabatan jangan sampai lupa ditulis. Setelah itu baru dikirim tutur Rian.

Selain pelatihan jurnalistik, Pemerintah Desa Karangnangka juga mengadakan pelatihan multimedia yaitu tentang bagaimana mengelola dan membuat konten yang menarik di Website, Facebook, Instagram, Tik Tok , Youtube oleh Ahmad Taqwim, M.Sos ( Dosen / Pakar IT Unsiq Wonosobo )

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image